Sehebat Apa Sih Buah Mangga Itu? Simak Yuk, 8 Keistimewaan Buah Mangga Bagi Tubuh Kita

Siapa yang tidak kenal dengan mangga, salah satu buah musiman yang dinanti kehadirannya oleh banyak masyarakat.  Mangga memiliki rasa dan aroma yang khas, ketika matang buah ini terasa manis dan nikmat. Tak hanya enak untuk dikonsumsi saja, ternyata  buah mangga juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.



Di dalam buah mangga terdapat kandungan nutrisi berupa karbohidrat sebanyak 25 gr, gula sebanyak 23 gr, serat sebanyak 3 gr, kalori sebanyak 100 gr, protein sebanyak 1 gr, kandungan lemak sebanyak 0,5 gr, memiliki vitamin C sebanyak 100% dari kebutuhan hari, memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 10%, memiliki kandungan vitamin A sebanyak 20%, serta mempunyai kandungan vitamin K dan potassium sebanyak 8%.

Selain itu, di dalam buah mangga juga terdapat sumber mineral berupa kalsium, zat besi, mangan serta terdapat kandungan nutrisi lainnya seperti betakaroten, zeaxathin dan antioksidan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak informasi tentang manfaat buah mangga berikut ini. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Mata


Mangga memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan penglihatan dan dapat mencegah terjadinya gangguan mata, seperti katarak.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


Mangga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dikarenakan mangga mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. vitamin C berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi penyakit yang masuk di dalam tubuh.

3. Menguatkan Tulang


Di dalam buah mangga juga ditemukan kandungan sejumlah mineral, seperti kalsium yang mempunyai fungsi untuk menguatkan tulang, menjaga kepadatan tulang dan dapat memperbaiki struktur tulang. Dengan demikian, tulang akan menjadi kuat dan terhindar dari resiko terkena osteoporosis.

4. Mencegah Anemia


Tak hanya kalsium, di dalam buah mangga juga terdapat kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah agar tubuh terhindar dari masalah anemia atau kurang darah.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan


Mangga merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai serat pangan yang cukup banyak. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi tetap sehat dan terhindar dari resiko terkena masalah gangguan pencernaan.

6. Baik untuk Diet


Buah mangga mempunyai kandungan kalori dan gula dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kurang. Selain itu, di dalamnya hanya terdapat kandungan lemak sebanyak 0,5 gram saja sehingga dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat diet dan dapat digunakan untuk menyukseskan program diet.

7. Menangkal Radikal Bebas


Buah mangga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan tersebut berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari ancaman penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya.

8. Menjaga Kesehatan Kulit


Kandungan antioksidan, vitamin C dan potassium yang dimiliki oleh buah mangga merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Apabila semua asupan yang dibutuhkan kulit terpenuhi, kulit akan menjadi lebih sehat, halus, kencang dan dapat membuat pemiliknya terlihat lebih awet muda.

Itulah berbagai manfaat yang dapat kamu temukan lewat buah mangga. Rasa yang manis, dan juga berbagai manfaatnya yang sudah kamu ketahui tentunya akan membuatmu semakin mencintai buah ini. Selamat menikmati dan semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/01/sehebat-apa-sih-buah-mangga-itu-simak.html

0 Response to "Sehebat Apa Sih Buah Mangga Itu? Simak Yuk, 8 Keistimewaan Buah Mangga Bagi Tubuh Kita"