Jangan Dibuang! Kulit Pisang Ternyata Bisa Digunakan Untuk Menjernihkan Air dari Logam Berat


Mungkin selama ini kita menganggap bahwa sisa-sisa buah yang tidak bisa dimakan, seperti kulit dan biji tidak memiliki manfaat sama sekali. Tapi, ternyata dugaan kita tersebut salah. Nyatanya, banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dari kulit dan biji buah.

Contohnya seperti kulit pisang. Selama ini kita sering membuang begitu saja kulitnya setelah memakan buahnya. Atau jika tidak dibuang pada tempatnya, kulit pisang dapat membuat orang terpeleset jika tidak sengaja menginjaknya.


Namun, apakah kamu tahu kegunaan atau manfaat tersembunyi dari kulit pisang? Mungkin banyak artikel yang pernah kamu baca membahas manfaat kulit pisang untuk kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, melancarkan kulit, dan manfaat lainnya. Namun, ada lagi manfaat kulit pisang yang jarang diketahui oleh masyarakat umum, yaitu bisa digunakan untuk menjernihkan air. Tidak percaya? Simak ulasan berikut.

Baru-baru ini sebuah makalah yang berjudul “Banana Peel Applied to the Solid Phase Extraction of Copper and Lead from River Water: Preconcentration of Metal Ions with a Fruit Waste”, mengungkapkan jika kulit pisang ternyata dapat digunakan untuk melakukan penjernihan air. Tidak hanya itu, sisi baik lainnya adalah dengan menggunakan kulit pisang untuk menjernihkan air, kita tidak memerlukan bahan kimia lagi. Sehingga akan lebih alami dan aman.

Gustavo Castro, seorang peneliti dari Universitas Sao Paulo, mengungkapkan, “Di dalam kulit pisang terdapat senyawa yang terdiri dari atom nitrogen, sulfur dan senyawa organik seperti asam karboksilat. Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk menyerap logam bermuatan positif yang terkandung dalam air yang tercemar logam berat."

Sampel dari hasil uji coba menjernihkan air dengan kulit pisang yang sudah dicincang-cincang 

"Biaya yang dibutuhkan untuk menyingkirkan logam berat pada air diketahui sangatlah mahal, sedangkan proses penjernihan air dengan menggunakan kulit pisang dapat menghemat biaya. Dalam penggunaannya sendiri, kulit pisang dapat digunakan hingga 11x untuk menjernihkan air," lanjutnya.

Air merupakan sumber kehidupan, tak hanya bagi manusia, tapi juga bagi makhluk hidup yang lain. Air yang tercemar tentunya dapat mempengaruhi kehidupan di alam, khususnya bagi kesehatan kita. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru membuang kulit pisang setelah kamu memakan buahnya. Karena dengan kulit pisang tersebut, kita dapat memanfaatkannya untuk menjernihkan air secara alami yang nantinya akan kita gunakan dalam kebutuhan hidup sehari-hari.


Sumber: http://www.wajibbaca.com/2015/12/jangan-dibuang-kulit-pisang-ternyata.html

0 Response to "Jangan Dibuang! Kulit Pisang Ternyata Bisa Digunakan Untuk Menjernihkan Air dari Logam Berat"