Rubah Pabrik Semen Tua Menjadi Bangunan Rumah yang Modern dan Mewah

Sebuah pabrik semen tua yang sudah tidak beroperasional lagi ‘disulap’ oleh Ricardo Bofill menjadi sebuah rumah megah yang keren layaknya istana raja. Perubahan besar-besaran ini mungkin salah satu yang terbaik di dunia dalam bidang arsitektur.



Bangunan megah ini berdiri di atas tanah dengan luas 3.100 meter persegi dan digunakan sebagai bangunan industri. Di dalam rumah ini, sang arsitek menciptakan kelompok-kelompok ruangan yang berbeda dengan tujuan artistik dan dimanfaatkan juga sebagai tempat tinggal. Ruangan-ruangan tersebut digunakan sebagai kantor, ruang arsip, ruangan karyawan, ruangan pameran, kediaman Bofill, kamar tamu, dan taman.





Sisa-sisa bangunan pabrik semen yang ‘mati suri’ ini digabungkan dan disesuaikan dengan gaya kontemporer yang pada akhirnya menjadi bangunan yang sempurna. Dengan menghancurkan bangunan lama pada bagian-bagian tertentu, pabrik semen ini bertransformasi menjadi sebuah karya yang hebat, di mana proses pengerjaannya membutuhkan waktu kurang lebih selama dua tahun.


















Ketiga unsur utama, katedral, taman, dan silo (gudang penyimpanan), dipoles sedemikian rupa menjadi bentuk yang baru dan lebih indah. Untuk bagian kediaman atau tempat tinggal tetap mempertahankan aksen aslinya, namun Bofill sedikit menambahkan sentuhan interiornya dengan menambahkan perabotan-perabotan kontemporer dan unsur dekoratif kasual.

Ruangan-ruangan bagian dalam ‘istana’ ini mungkin yang paling menarik selain fisik bangunan bagian luar. Bisa dilihat pada gambar bagaimana ruangan-ruangan yang luas dipermak sedemikian rupa menjadi ruangan yang tampak elegan. Beberapa ruangan didekorasi penuh dengan gaya kontemporer dan modern, sedangkan pada beberapa ruangan lainnya dibiarkan secara alami khas peninggalan pabrik semen tua terdahulu. Kombinasi seperti ini menambah warna-warni interior rumah sehingga penghuninya tidak mudah merasa bosan.



Untuk eksterior, bagian kebun penuh dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang rimbun termasuk pohon kayu putih, palem, cemara, dan pohon zaitun. Di area ini juga dilengkapi perabotan-perabotan seperti meja dan kursi, sehingga area ini bisa digunakan sebagai ruang santai terbuka.



Indah dalam setiap detilnya, perombakan rumah ini bisa menjadi inspirasi setiap orang yang ingin mengubah bangunan-bangunan lama yang serupa dengan pabrik semen ini, menjadi sebuah rumah yang indah dan elegan.

Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/12/rubah-pabrik-semen-tua-menjadi-bangunan.html

0 Response to "Rubah Pabrik Semen Tua Menjadi Bangunan Rumah yang Modern dan Mewah"