TIPS : Cara Paling TEPAT Untuk Ringankan Hidung Mampet Pada Bayi

Cara hilangkan ingus bayi
Kenapa bayi sering meler alias pilek? Mungkin ini terjadi pada sebagian besar bayi. Karena ada ratusan virus yang dapat menyebabkan pilek  pada bayi, sedangkan bayi belum mampu melawannya karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum terlalu kuat. Terlebih lagi bayi belum mampu untuk membersihkan tangan sehingga memberikan kesempatan virus masuk kedalam tubuh.

Tidak ada obat yang akan mengatasi virus lebih cepat, tetapi Anda dapat membantu bayi Anda merasa lebih baik dan mencegah infeksi dari semakin buruk dengan  memastikan bahwa bayi Anda mendapat banyak istirahat dan cairan. Untuk bayi berusia di bawah 4 bulan, itu berarti Anda harus memberikan ASI atau susu formula yang cukup. Bayi yang sudah berusia 4 bulan sudah dapat anda berikan sedikit air putih. Dan saat usianya mencapai 6 bulan, bayi Anda sudah bisa mulai minum jus.

Karena bayi dan sebagian besar anak yang hingga capai usia 4 tahun, tidak bisa membersihkan ingus dari hidung mereka sendiri. Begini cara untuk membantu meringankan hidung mampet pada anak:

• Gunakan cairan larutan garam (nasal saline) dan hisap.

Baca Juga : Cara Ini Sangat Mudah : Mengatasi Cantengan pada Kuku Kaki !

Anda bisa menggunakan cairan saline yang dibeli di apotik kemudian teteskan dalam hidung untuk membantu mengencerkan lendir. Kemudian menggunakan aspirator hidung (semprotan karet) sedot keluar cairan dan lendir beberapa menit setelah anda teteskan cairan tadi.

Apabila bayi Anda mengalami kesulitan menyusu dengan hidung tersumbat, coba gunakan cara diatas sekitar 15 menit sebelum menyusui. Sehingga bayi Anda  akan dapat bernapas dan mengisap pada waktu yang sama.

• Oleskan petroleum jelly di luar lubang hidung bayi Anda untuk mengurangi iritasi.

• Lembabkan udara.

Gunakan humidifier atau vaporizer untuk melembabkan udara di kamar bayi Anda. Atau bawa bayi Anda ke kamar mandi dengan Anda, menyalakan air panas, menutup pintu, dan duduk di ruang beruap selama sekitar 15 menit. Atau bisa juga dengan mandi menggunakan air hangat.

Cara yang cukup mudah bukan? Cairan saline bisa anda buat sendiri dengan melarutkan garam atau jika tak mau repot, anda bisa membelinya di apotik.

Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/07/tips-cara-paling-tepat-untuk-ringankan.html

0 Response to "TIPS : Cara Paling TEPAT Untuk Ringankan Hidung Mampet Pada Bayi"