Phobia Itu Ketakutan yang Seperti Apa Sih?


Phobia sering kali terdengar orang membicarakan tentang Phobia. Tapi apakah kamu tahu apakah itu Phobia? Phobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal. Perasaan yang sangat mengganggu pikiran dan sangat tidak berani melakukan atau melihat bahkan mendengar hal itu. Eits, jangan samakan antara Phobia dengan rasa takut. Karena dua kata ini mempunyai arti yang berbeda meskipun kelihatannya sama saja.



Ketakutan adalah suatu hal yang wajar dialami setiap orang, tetapi Phobia bia dikatakan ketakutan yang tidak wajar dan dialami oleh sebagian orang. Kenapa bisa begitu? Karena Phobia dialami oleh orang yang tidak bisa mengontrol ketakutannya sendiri. Mungkin karena orang tersebut trauma sehingga tidak dapat melupakan sesuatu dan berujung sampai ke Phobia.

Phobia sangat sulit dihilangkan, bisa juga sampai terbawa mimipi, bahkan bisa berlanjut sampai tua. Tentu saja Phobia akan sangat mengganggu aktivitas, kalu aktivitas pribadi tidak apa-apa. Tetapi jika sampai mengganggu aktivitas orang lain? Apa yang bisa kamu lakukan? Tentu itu sangat merugikan orang lain dan diri kamu sendiri.

1. Harus kamu ketahui bahwa Phobia terbagi dalam tiga bagian, apa sajakah itu?
Phobia spesifik (sederhana) : yaitu ketakutan yang berlebihan terhadap suatu obyek atau dalam keadaan terntentu.
Contohnya : takut terhadap binatang, ketinggian, tempat gelap, dll.

2. Phobia sosial : yaitu ketakutan berlebihan terhadap keadaan, situasi dan kondisi sosial.
Contohnya : tempat yang sangat ramai, berada diatas panggung, dll.

3. kompleks (rumit) : yaitu rasa takut berlebihan terhadap tempat atau situasi yang ramai dan terbuka.
Contohnya : naik kendaraan umum, phobia berada di pasar, dll.

Seiring dengan perubahan zaman dan permasalahan yang semakin komplek membuat banyak hal yang bisa mempengaruhi seseorang mengalami phobia. Phobia dapat terjadi pada anak-anak, remaja, orang tua. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan lingkungan, pergaulan dan kejadian-kejadian yang bisa menyebabkan trauma sehingga menjadi phobia. 

Terutama pada masa pertumbuhan anak-anak karena saat itulah pembentukan karakter dan kepribadian dasar. Anak harus terlindungi kondisi psikologisnya, karena sebagai generasi penerus anda haruslah berkualitas. Maka dari itu jangan anggap remeh hal hal yang dapat membuat anak anda trauma, agar terhindar dari Phobia.


Sumber: http://www.wajibbaca.com/2015/12/phobia-itu-ketakutan-yang-seperti-apa.html

0 Response to "Phobia Itu Ketakutan yang Seperti Apa Sih?"