WASPADA : 4 Bahaya Yang Dapat Terjadi, Bila Tidur Setelah Makan Sahur

Janganlah tidur seusai sahur
Dari hadits Abu Sa’id Al Khudri ra., bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَتَجَرَّعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ


“Janganlah kalian tinggalkan ia (sahur) meskipun kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang melaksanakan sahur.” [HR Ahmad (11101)]

Dari hadist diatas, telah dijelaskan bahwa makan saur disunnahkan bagi kita yang sedang menjalani ibadah puasa. Jika tadinya bangun paling pagi itu jam 4.30 untuk shalat Subuh, di bulan suci ini kita biasanya perlu bangun jam 3 dini hari. Otomatis jam tidur kita berubah. Kalau belum biasanya, kita pun akan merasakan kantuk yang amat berat saat makan sahur. Kebanyakan dari kita, akan tidur lagi setelah makan sahur, selain menahan rasa kantuk yang berat, juga karena perut telah kenyang.

Baca Juga : SUBHANALLAH : Ini Dia Pohon Nabi Muhammad SAW

Tapi apakah tidak bahaya jika kita tidur setelah makan sahur. Seperti halnya kita makan biasanya disaat tidak puasa, memang bahaya jika sehabis makan kita tidur. Berikut penjelasan yang kami rangkum dari manfaatpuasa.com dan dietsehatcantik.com, beserta solusi untuk mengatasinya.

1.Perut Buncit dan Berat Badan Naik

Setelah makan dan kenyang, tubuh perlu waktu untuk mencerna semuanya. Tapi kalau kita langsung tidur, setelah selesai sahur, akibatnya pencernaan kita tidak dapat bekerja dengan baik, dan lemak akan tertimbun dalam tubuh kita. Akibatnya, perut jadi buncit dan besar kemungkinan berat badan pun akan naik.

2.Refluks Asam Lambung

Bila kita langsung tidur setelah sahur, makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Hal ini dinamakan refluks. Kalau ini terjadi, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar. Tak hanya itu, mulut juga jadi terasa pahit.

Baca Juga : Setelah Shalat Witir, Bolehkah Shalat Sunnah ?

3.Rasa Panas di Area Dada

Saat kita tidur, sistem pencernaan tidak akan bekerja secara normal, dan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Kalau setelah makan sahur kita langsung tidur, kita akan rentan kena sakit maag akibat dari meningkatnya kadar asam lambung. Naiknya zat asam inilah yang bisa menimbulkan sensasi panas di area dada.

4.Berisiko Terkena Stroke

Tak cukup hanya 3 hal diatas. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, risikonya terkena gangguan stroke rendah. Dengan kata lain, kalau kita langsung tidur setelah makan (tak memberi waktu jeda yang cukup), maka risiko terkena stroke akan meningkat. Mungkin secara singkat lemak dalam tubuh, mengkontaminasi darah sehingga pembuluh darah kotor menjadikan hipertensi dan ini adalah salah satu pemicu stroke.

Kemudian, apakah ada solusinya?

Baca Juga : NGERI : Disini Mereka Tembakan Meriam, Sebagai Tanda Waktu Buka Puasa

TIPS : Untuk anda yang tidak dapat menahan rasa kantuk seusai makan sahur

1.Akhirkan makan sahur

Mengakhirkan makan sahur memang disunnahkan. Caranya, malam sebelumnya tidur lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah bugar. Sehingga saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.Dan setelah shalat shubuh, tubuh semakin fit.

2.Melakukan aktivitas seusai makan sahur

Aktifitas setelah makan sahur banyak yang bisa dilakukan, utamanya adalah tadarus Al Qur’an, setelah selesai Shalat Shubuh bisa dilanjutkan tadarus lagi, ataupun berjalan jalan pagi.

3.Usahakan beri jeda waktu 2 jam

Jika memang benar benar rasa kantuk tak tertahankan, cobalah untuk member jeda 2 jam, kemudian tidur lagi. Bisa dengan nonton tv, atau tadarus Al Qur’an. Waktu 2 jam ini memberikan kesempatan kepada tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

Baca Juga : RASULULLAH MELARANG, Meniup Makanan dan Minuman Panas, Ini BAHAYANYA.

Semoga artikel ini bermanfaat. Memang godaan tidur seusai sahur sangat berat, apalagi jika kemudian kita akan beraktivitas kerja seharian. Namun kembali pada niat kita masing masing, berpuasa di bulan suci ini selain untuk mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT. Juga agar tubuh semakin sehat.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/06/waspada-4-bahaya-yang-dapat-terjadi.html

0 Response to "WASPADA : 4 Bahaya Yang Dapat Terjadi, Bila Tidur Setelah Makan Sahur"