Ternyata Mudah Banget Loh Membudidayakan Ikan Nila, Mau Tau Caranya? Inilah Cara Untuk Membudidayakan Ikan Nila dengan Cepat


Ikan Nila adalah ikan yang mampu tumbuh dan berkembang lebih cepat daripada ikan lainnya. Nilai jual dari ikan Nila relatif tinggi, karena cita rasa dari ikan Nila begitu enak dan lezat. Budidaya Ikan Nila dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yaitu bisa menggunakan kolam, jaring apung, atau karamba, di sawah, bahkan di kolam yang berair payau ikan ini mampu tumbuh dan berkembang. Nah jika kamu ingin membudidaya ikan nila dengan cepat berikut tips nya.

1. Ikan Nila Berkembangbiak


Pertumbuhan dari ikan nila sangat bergantung dari pengaruh fisika dan kimia serta interaksinya. Ikan nila dapat mencapai saat dewasa pada umur 45 bulan dan ia akan mencapai pertumbuhan maksimal untuk melahirkan sampai berumur 1,5 2 tahun. Sebelum memijah ikan nila jantan selalu membuat sarang di dasar perairan dan daerahnya akan ia jaga dan merupakan daerah teritorialnya sendiri.

2. Faktor Cuaca


Cuaca sangat mempengaruhi pertumbuhan dari Ikan Nila, pada saat curah hujan yang tinggi misalnya pertumbuhan berbagai tanaman air akan berkurang sehingga mengganggu pertumbuhan air dan secara tidak langsung mengganggu pertumbuhan ikan nila. Sehingga akan lebih baik jika kamu membudidayakan ikan nila di musim panas ya.

3. Kolam yang Dangkal


Saat membudidayakan ikan nila, kamu harus menggunakan kolam yang dangkal. Kenapa tidak menggunakan kolam yang dalam? Karena di kolamyang dangkal pertumbuhan tanaman dan ganggang lebih cepat dibandingkan di kolam yang dalam. Sehingga kedalaman kolam ikan juga dapat mempengaruhi proses perkembangbiakan ikan nila.

4. Berikan Pupuk Kandang atau organik


Ternyata bukan hanya tanaman saja loh yang diberi pupuk, karena kolam ikan ternyata juga bisa diberikan pupuk. Karena kolam yang pada saat pembuatannya menggunakan pupuk organic atau pupuk kandang juga akan membuat pertumbuhan tanaman air lebih baik dan ikan nila juga akan lebih pesat pertumbuhannya.

Ikan nila jantan ternyata juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang betina. Ikan jantan memiliki pertumbuhan 40% lebih cepat dibandingkan dengan yang betina. Terlebih jika dipelihara dalam kolam yang dibedakan, ikan nila akan tumbuh berkembang dengan pesat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, dan semoga bermanfaat.


Sumber: http://www.wajibbaca.com/2015/12/ternyata-mudah-banget-loh.html

0 Response to "Ternyata Mudah Banget Loh Membudidayakan Ikan Nila, Mau Tau Caranya? Inilah Cara Untuk Membudidayakan Ikan Nila dengan Cepat"