Tips Ibu Hamil, Cara Sehat Mencegah Bayi Terlahir Prematur


Ada banyak masalah yang seringkali menghantui ibu hamil, salah satunya ketakutan akan melahirkan bayi premature. Melahirkan premature merupakan proses persalinan yang dilakukan sebelum kehamilan memasuki usia yang tepat untuk menjalani proses persalinan. Persalinan premature biasanya terjadi pada minggu ke 37 atau ke 38. Persalinan premature tidak hanya membuat ibu lebih repot karena umumnya mengurus bayi premature memang butuh perhatian ekstra. Selain itu, bayi premature juga rentan mengalami komplikasi medis, terutama masalah pernafasan. Tidak ingin mengalami persalinan premature? Sebaiknya simak tips dan cara Mencegah Bayi Lahir premature, berikut ini :

Baca Juga : Inilah yang Terjadi Ketika "Allah" Menjemput Pengguna Ojek Online

1.Menjaga berat badan saat hamil


Menjaga berat badan saat hamil termasuk hal yang wajib dilakukan, karena hal ini snagat berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Pastikan jangan terlalu banyak atau sedikit kenaikannya, tapi harus sesuai dengan usia bayi yang sedang dikandung.

2.Menjaga Kebersihan


Menjaga kebersihan saat hamil juga wajib dilakukan, karena salah satu penyebab persalinan premature adalah adanya infeksi, misalnya : pada gigi. Oleh karena itu, pastikan ibu hamil menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi.

3.Jaga pola makan yang sehat


Menjaga pola makan yang sehat saat hamil sangatlah penting untuk membantu menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, kecukupan gizi harian pada ibu hamil sangat membantu mencegah persalinan premature.

Baca Juga : Mengatasi Masalah Anak Susah Makan, Cara Mudah yang Bunda Bisa Coba ..

4.Menghindari makanan yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin


Ibu hamil wajib selektif memilih makanan, karena ada beberapa makanan yang ternyata dapat membahayakan kehamilan dan janin, diantaranya : ikan bermercury, sayuran mentah/lalapan, telur/daging setengah matang, dan lainnya.

Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/06/tips-ibu-hamil-cara-sehat-mencegah-bayi.html

0 Response to "Tips Ibu Hamil, Cara Sehat Mencegah Bayi Terlahir Prematur"