5 Dampak yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Menahan Kencing

Banyak orang yang seringkali menahan kencing dalam jangka waktu yang cukup lama. Penyebabnya tentu saja beragam, dari mulai kesibukan yang padat, jauh ke toilet, sampai ada pula yang menahan kencing hanya karena malas pergi ke toilet. Apakah anda sering menahan kencing? Mulai sekarang, sebaiknya hindari menahan kencing terlalu lama karena hal tersebut bisa berbahaya dan memberi dampak buruk. Benarkah? Lalu apa saja Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama? Supaya anda tidak penasaran, silahkan simak ulasan kami berikut ini, demikian lansiran dari setetes.info.com.


• Menahan Pembuangan Kotoran

Ketika menahan kencing terlalu lama, itu artinya anda tengah menahan kotoron dalam tubuh. Jika kotoran tertahan lama dalam tubuh, hal tersebut tentunya akan berdampak buruk karena kotoran tersebut mengandung banyak zat yang berbahaya.

• Mengganggu Proses Pencernaan

Menahan kencing terlalu lama akan berdampak buruk pada proses pencernaan. Ketika anda menahan kencing dalam jangka lama, maka secara otomatis anda sedang menghambat proses pencernaan. Air seni harusnya segera dikeluarkan, karena jika ditahan maka akan berpengaruh buruk pada proses kencing berikutnya. Anda akan mengalami susah kencing di masa yang akan datang.

• Mengganggu Organ Pencernaan

Ketika proses pencernaan terganggu, maka organ-organ pencernaan pun akan terganggu pula. Beberapa organ tersebut diantaranya kantung kemih, saluran kencing, dan ginjal.



• Menimbulkan Penyakit Infeksi Pada Pencernaan

Menahan kencing terlalu lama bukan hanya akan menganggu organ dan proses pencernaan, namun bisa pula mengakibatkan munculnya penyakit infeksi pada pencernaan. Beberapa penyakit tersebut diantaradan infeksi saluran kencing, gagal ginjal, daninfeksi kandung kemih.

• Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan adalah suatu kondisi dimana timbul rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan menahan kencing terlalu lama. Anyang-anyangan juga merupakan suatu gejala atau tanda-tanda munculnya infeksi pada saluran kandung kemih. Jika anda tidak ingin mengalami masalah tersebut, maka mulai sekarang berhentilah menahan kencing dalam jangka waktu lama. Namun jika anda sudah terlanjur mengalami anyang-anyangan, anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana yaitu minum air putih secara rutin.

Baca Juga : Tips Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami
Semua hal di atas tentunya menjadi peringatan bagi semua orang tanpa terkecuali supaya berhenti melakukan kebiasaan menahan kencing terlalu lama. Kebiasaan tersebut memang sangat sepele, namun akan menimbulkan dampak yang cukup berbahaya jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang. Jangan menempatkan diri anda dalam resiko yang besar hanya karena kebiasaan kecil yang sifatnya sangat remeh. Sebenarnya masih banyak bahaya atau akibat yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan menahan kencing, namun tentunya tidak bisa ditulis satu persatu secara merinci. Beberapa hal di atas merupakan bahaya paling utama yang bisa terjadi.

Itulah beberapa Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama. Jika kebiasaan menahan kencing terus dilakukan dalam jangka panjang, maka anda sangat bersiko mengalami berbagai dampak buruk di masa yang akan datang. Mulai dari sekarang, jangan lagi menahan kencing dalam jangka waktu yang lama jika anda ingin terhindar dari beberapa bahaya yang telah disebutkan di atas. Jika anda merasa ingin kencing, segeralah cari toilet terdekat. Waktu yang dibutuhkan saat kencing tidak terlalu lama, hanya memakan waktu kurang lebih lima menit. Jadi, jangan sampai anda mengalami beberapa dampak buruk hanya karena rasa malas pergi ke toilet atau berbagai alasan lainnya. Sekian ulasan dari kami tentang Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama, semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/07/5-dampak-yang-terjadi-jika-kamu-terlalu.html

0 Response to "5 Dampak yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Menahan Kencing"