Mau Sehat Selalu dan Berumur Panjang? Terapkan Pola Makan ini




Sedia payung sebelum hujan, sebuah ucapan yang sering kali digunakan untuk menggambarkan selalu 'jaga kesehetan sebelum datangnya sakit'. Setiap orang di dunia ini pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Dan hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil asal kamu memiliki pola hidup yang sehat, termasuk pola makan yang sehat pula.

Baca Juga : Hati-Hati Saat Beli Udang, Ada Udang Disuntik Silikon

Mewujudkan pola makan yang sehat dalam hidupmu bukanlah hal yang mustahil. Dikutip dari merdeka, berikut adalah tips sederhananya,

Makan ketika benar-benar merasa lapar

Normalnya, manusia memang akan makan ketika mereka merasa lapar. Namun kondisi mental dan emosional sendiri menyebabkan manusia sering mengonsumsi apapun tanpa terkendali atau seringkali disebut dengan emotional eating. Hasilnya, tentu saja badan jadi melar. Belum lagi jika kamu memiliki kebiasaan untuk ngemil sambil menonton TV yang bisa bermuara pada tidak sehatnya dan melarnya kondisi tubuh. Oleh karena itu, jika kamu ingin kondisi kesehatanmu tetap terkontrol, makanlah saat kamu benar-benar merasa lapar.

Memilih minum air putih daripada jenis minuman lainnya

Air putih tetaplah minuman nomor satu yang sangat bermanfaat untuk kondisi tubuh. Air bening ini begitu nol kalori dan tidak mengandung zat berbahaya lainnya. Oleh karena itu apapun keadaannya, pilihlah air putih sebagai minuman utamamu. Sebab air putih juga bermanfaat sebagai alat untuk mendetoks tubuh.

Utamakan konsumsi sayuran

Apapun keadaannya, konsumsilah sayuran sebanyak yang kamu bisa. Berbagai macam nutrisi, vitamin, mineral, maupun serat di dalamnya sangatlah penting untuk peningkatan kesehatan tubuhmu.

Sebisa mungkin pilihlah makanan non olahan

Saat ini menemukan makanan utuh tanpa diolah menjadi hal yang bisa dibilang cukup sulit. Ada begitu banyak makanan olahan di sekitarmu seperti sosis, jus buah kemasan, maupun camilan. Nah, agar tubuhmu selalu sehat dan panjang umur, pilihlah makanan utuh minim olahan. Sebab makanan yang utuh ini berarti kandungan vitamin di dalamnya juga tetap utuh dan tidak mendapatkan tambahan zat artifisial yang membahayakan.

Berusahalah membatasi jumlah makanan yang akan kamu konsumsi

Selain selektif dalam memilih jenis makanan yang akan kamu konsumsi, batasi pula jumlah bahan makanan seperti garam, minyak, maupun gula. Sebab zat tersebut bisa merusak sehatnya bahan makanan yang sudah kamu pilih.

Jagalah kesehatan sebelum kamu jatuh sakit. Cukup dengan berolahraga rutin dan menjaga pola makan yang sehat, InsyaAllah kamu akan selalu bugar setiap saat.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/09/mau-sehat-selalu-dan-berumur-panjang.html

0 Response to "Mau Sehat Selalu dan Berumur Panjang? Terapkan Pola Makan ini"