Anak Bukan Timangan Semata, Dia Wajib Tahu Hal Berikut Sejak Dini, Orang Tua Wajib Baca!


Memiliki anak yang baik, mengerti akan sopan santun dan peduli akan kesehatan tentunya menjadi kebanggaan dan dambaan bagi setiap orang tua. Hanya saja kebiasaan baik seperti itu, bukanlah perkara yang mudah dan terkadang para orangtua tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak-anak mereka agar dapat melakukan kebiasaan baik tersebut.

Baca juga : Duh, Mending Jangan Pakai Cotton Bud Deh Buat Bersihin Telinga, Ini Alasannya!

Setiap anak dilahirkan dengan keadaan polos, karenanya setiap anak memiliki potensi untuk menjadi pribadi-pribadi baik. Segala bentuk pengabaian di awal kehidupan seorang anak secara perlahan akan membentuk kepribadiannya, dan jika hal ini dibiarkan berlarut-larut akan sangat sulit bagi orangtua untuk mengubah kepribadian yang telah tertanam. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu diajarkan oleh orangtua kepada anak sedini mungkin.

1. Mengajarkan Anak Bertanggung Jawab


Mengajarkan anak tanggung jawab pada anak adalah hal yang penting. buatlah anak agar dapat mengambil tanggung jawab atas segala tindakan yang mereka perbuat. Dengan demikian, kebiasaan ini diharapkan dapat tertanam hingga anak berusia dewasa, serta akan lebih menghargai hidup dan orang lain.

2. Sopan Santun


Hal selanjutnya yang harus diajarkan pada sikecil adalah tentang sopan santun atau perilaku yang baik. Untuk itu, penting sekali memperlihatkan sikap yang baik dan sopan santun agar mereka dapat belajar mengikuti perilaku tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kata 'tolong', 'maaf', dan 'terimakasih', hal ini bertujuan untuk membiasakan anaka agar mereka memiliki sikap sopan santun.

3. Belas Kasih


Tidak lengkap rasanya menanamkan kebaikan kepada anak-anak tanpa mengajarkan pelajaran berharga tentang kepedulian atau rasa belas kasihan. Mengajarkan anak untuk selalu peduli dan berbelas kasih terhadap sesama terutama mereka yang membutuhkan akan membuat anak menjalani kehidupan yang lebih baik.

4. Kebaikan


Penting sekali mengajarkan segala tentang kebaikan kepada anak, agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik tidak keras. Ajarkan pada mereka, tak peduli seberapa buruk perilaku orang, kita harus melawannya dengan kebaikan.

Baca juga : Kata Siapa Cuma Buat Anak Kecil? Hey, Ide Pelaminan Hello Kitty Ini Bisa Bikin Pernikahanmu Spesial Lho!

5. Kebersihan


Sebagian orangtua tahu betapa sulitnya menanamkan kebiasaan untuk selalu menerapkan pola hidup yang bersih. Mungkin perlu lebih banyak waktu untuk mengajarkan anak tentang kebersihan seperti rajin madi, menggosok gigi dan lain sebagainya. Namun dengan kesabaran yang orang tua berikan, maka anak akan terbiasa dengan apa yang sudah diajarkan.

Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, sebab anak yang sudah tumbuh remaja akan sedikit sulit diarahkan dan diatur, sebab anak sudah memiliki pandangan dan keputusannya sendiri. Dengan mengajarkan beberapa kebiasaan baik diatas, diharapkan kebiasaan tersebut dapat terus mereka lakukan hingga dewasa.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/12/anak-bukan-timangan-semata-dia-wajib.html

0 Response to "Anak Bukan Timangan Semata, Dia Wajib Tahu Hal Berikut Sejak Dini, Orang Tua Wajib Baca!"