Demi Tumbuh Kembang Baik Si Kecil, Lakukan 9 Hal Ini.

Photo : google
Dianugerahi seorang anak adalah hal yang membuat anggota keluarga bahagia, karena anak merupakan titipan dari Allah SWT. Seorang bayi biasanya akan membawa keceriaan dalam rumah. Saat ada anak kecil rumah menjadi ramai, dan setiap hari tak lepas dari celoteh, kelucuan dan senyuman manis si kecil.

Karena itu, wajib bagi orangtua untuk mengupayakan semua cara demi menjaga kesehatan bayi, agar tumbuh kembangnya baik.Karena bisa saja, suatu hal yang tampaknya sederhana bisa saja berakibat fatal untuk kesehatan bayi.
Berikut 9 hal yang dilansir theasianparent.com, yang perlu anda perhatikan agar si kecil bertumbuh dengan sehat dan cerdas,

1. Jangan pernah tinggalkan bayi sendirian.

Tanpa pengawasan orang dewasa, dapat menimbulkan hal buruk
Hanya butuh satu detik untuk membuat hal buruk terjadi. Jadi, jangan pernah tinggalkan bayi sendirian atau tanpa pengawasan. Meninggalkan bayi sendirian bisa menimbulkan bahaya yang tak pernah diduga sebelumnya. Misal bayi bisa saja makan, barang – barang kotor didekatnya.
Apabila anda terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan lain, jangan pernah tinggalkan bayi tanpa pengawasan dari orang dewasa lainnya.

2. Jangan pernah menyepelekan masalah kesehatan.

Jika panas, coba periksakankan ke dokter.
Sebagai orangtua, anak pasti menjadi prioritas utama dibanding apapun. Jadi, bila anda mendeteksi gejala yang tak biasa pada si kecil, segeralah konsultasikan pada dokter. Jangan pernah berspekulasi.

Mungkin ada beberapa orangtua yang menyarankan untuk mencoba cara penyembuhan sendiri (home remedy), tapi tetap saja, meminta nasehat dari yang ahli adalah lebih baik. Seperti kata pepatah, lebih baik mencari jalan aman daripada menyesal.

Baca Juga : OBESITAS Pada Saat Hamil, Berbahaya Bagi Bayi, Ini Penjelasanya.

3. Jangan pernah abaikan tangisan bayi.

Tangisan bayi mempunyai arti berbeda
Bayi memang mudah sekali menangis, terutama di tahun-tahun pertamanya. Menangis bisa saja merupakan tanda bahwa ia lapar, sakit, atau butuh diapersnya diganti.
Bila anda merasa bahwa tangis bayi tidak seperti biasanya, maka cobalah teliti dan minta ahli kesehatan untuk membantu. Mungkin tidak ada masalah yang serius, tapi paling tidak anda sudah memastikan, bahwa si kecil baik baik saja.

4. Jangan abaikan ekspresi bayi.

Expresi bayi, bisa diartikan
Si kecil mungkin tidak bisa bicara, tapi tidak berarti ia tidak mampu mengekspresikan diri. Cobalah beri perhatian lebih saat tingkah laku si kecil tidak biasa, atau malah menunjukkan ekspresi wajah yang berbeda.

Tips : Dengan memberi respon terhadap reaksi bayi secepat mungkin ternyata juga mempererat bonding antara orangtua dan bayi.

5. Hindari naik sepeda motor bersama bayi.

Berbahaya membonceng anak kecil dengan motor
Hal yang satu ini banyak sekali terjadi di Indonesia. Terlebih bila si kecil sudah duduk sendiri, biasanya kita malah mendudukkannya di depan.

Padahal mengajak bayi naik sepeda motor sebetulnya tidaklah aman. Bayi umumnya masih belum bisa duduk tenang dalam waktu yang lama, keseimbangan tubuh mereka pun belum terbangun dengan sempurna. Saat duduk sendiri di depan, ada kemungkinan mereka akan jatuh meski didudukkan di depan pengendara motor.
Untuk itu, akan lebih baik bila tidak mengajak si kecil saat harus mengendarai sepeda motor.

Baca Juga : Mom's Begini Cara Meredam, ANAK YANG MENGAMUK

6. Jangan pernah bertengkar di depan bayi.

Bertengkar di depan anak kecil, bisa berakibat buruk pada perkemabnganya
Bayi sangatlah sensitif. Bila orangtua sering bertengkar di depan si kecil, hormon kortisol (hormon penyebab stres) dan tekanan darah bayi bisa saja meningkat. Selain itu pola tidur si kecil bisa saja terganggu dan menjadi mudah rewel.

7. Jangan pernah takuti si kecil.

Si kecil bisa ketakutan, atau malah lebih membandel
Kita biasanya menakut-nakuti anak agar mereka mau lebih mendengarkan kita. Menakuti anak dengan tujuan agar ia patuh, bukanlah sebuah cara yang bijak. Membuat anak patuh dengan cara seperti ini malah bisa menghasilkan keadaan yang sebaliknya dari tujuan kita.
Contohnya, menakuti anak bahwa ayamnya akan mati bila ia tidak mau menghabiskan makanannya. Anak akan tahu kita berbohong bila ia melihat kenyataan bahwa ayamnya tidak mati, saat ia tidak menghabiskan makanannya. Walhasil, anak pun tidak percaya lagi dengan perkataan kita dan ia pun akan semakin membangkang.

8. Jangan lupa membuat rumah Anda aman bagi bayi.

Bahaya alat alat listrik yang belum anak ketahui
Sangatlah penting untuk membuat rumah kita aman bagi bayi, terutama bila ia telah mulai merangkak atau belajar berjalan. Pastikan laci-laci selalu terkunci, jauhkan handphone, laptop dari jangkauannya. Pastikan ia tidak bisa menjangkau stop kontak listrik.

9. Jangan pernah ceroboh saat menggendong bayi.

Janganlah ceroboh
Struktur tubuh bayi masih sangat lunak. Itulah mengapa mereka perlu digendong dengan sangat hati-hati. Pastikan Anda telah menyangga kepala dan lehernya saat menggendong. Jangan biarkan anak-anak atau kakaknya menggendong si kecil, paling tidak sampai ia berumur beberapa bulan.

Baca Juga : Tak Semua Orang Cocok Minum Susu, Berikut 6 Efek Buruk Susu Sapi

Demikian 9 hal yang bisa anda lakukan sebagai orang tua, agar tumbuh kembang si kecil dapat berjalan baik. Silahkan share bila bermanfaat. Orang tua yang baik, akan melakukan apa saja agar anaknya dapat berkembang dengan baik dan cerdas.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/06/demi-tumbuh-kembang-baik-si-kecil.html

0 Response to "Demi Tumbuh Kembang Baik Si Kecil, Lakukan 9 Hal Ini."