Begini Caranya Agar Anak Suka Mandi.

Membuat anak senang dengan kegiatan mandi
Bunda, sudah capek kejar – kejaran dengan anak yang susah saat mau dimandikan, atau capek dengan rengekan anak ketika tiap kali mandi ? Atau bunda sudah melakukan usaha extra untuk membujuk agar anak mau mandi dengan senang. Dan sekarang bunda berpikir bahwa, sifat anak bunda memang demikian. Bila seperti itu  salah lo Bun, karena ada cara bagaimana agar anak anda suka mandi, berikut caranya dikutip dari parenting.co.id,

Beberapa langkah agar anak selalu bersemangat saat waktu mandi telah tiba:

Baca Juga : Ingin Bayi Tidak Menangis Saat Mandi, Ini Caranya

1. Beri waktu untuk bersiap-siap

Salah satu hal yang bisa membuat anak-anak enggan mandi adalah karena tidak mau waktu bermainnya terganggu. Makanya, biasakan memberi waktu bagi anak untuk bersiap-siap sebelum menyuruhnya mandi. Misalnya, dengan mengajaknya mandi sekitar 5 menit sebelum acara mandi dimulai. Dengan begitu, anak punya kesempatan untuk menyelesaikan permainannya dulu sebelum beranjak ke kamar mandi.

2. Sederhanakan prosesnya

Memangkas tahapan yang membuat acara mandi terasa kompleks dan ’ribet’ akan membuat acara mandi terasa lebih menyenangkan. Memisahkan acara mandi dengan sikat gigi, misalnya, akan membuat anak-anak yang usianya kecil memfokuskan perhatian pada acara bermain air. Pada anak yang lebih besar, Anda bisa membantu memutar kran air panas dan dingin pada shower hingga mencapai suhu ideal sebelum anak mulai mandi.

3. Pilih perangkat mandi yang sesuai

Sabun mandi dewasa bisa mengakibatkan rasa sakit jika terpercik ke dalam mata dan hidung. Pengalaman buruk itu bisa membuat anak menghindari acara mandi. Untuk menghindarinya, gunakan produk mandi—sabun dan shampoo, sesuai usia anak. Produk yang tak pedih di mata dan mengandung pelembap adalah pilihan ideal untuk memelihara kulit balita.

Baca Juga : Cara Mudah Bagaimana Agar Anak Menuruti Kemauan Orang Tua

4 Gayung vs pancuran

Jika biasanya Anda memandikan anak dengan menggunakan bak mandi dan gayung, cobalah sesekali menyelinginya dengan shower. Lakukan sebaliknya jika Anda terbiasa memandikan anak dengan air pancuran. Sesekali, tak ada salahnya pula mengizinkan anak mandi dengan menggunakan selang air di kebun belakang. Berbagai variasi cara ini terkadang bisa menjadi cara jitu untuk menghilangkan rasa bosan dan membuat si kecil tertarik untuk mandi.

5. Mandi sambil bermain

Jadikan acara mandi sebagai bagian dari ajang permainan. Kapal-kapalan, bebek mainan, ikan-ikanan dari karet, boneka plastik, dan pistol air biasanya sukses menjadi magnet untuk memikat anak di kamar mandi. Minta anak memilih sendiri mainan apa saja yang hendak dibawanya dan biarkan ia memandikan, mengeramasi, ataupun mengajak mainannya belajar berenang sama-sama. Membuat ‘ramuan ajaib’ dari campuran sabun, shampoo, dan pasta gigi juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan baginya.

Bunda tinggal terapkan saja cara simple diatas. Agar anak menyukai acaranya mandinya. Anak yang suka mandi akan lebih sehat, karena tiap kali mandi mereka bersih dari kuman - kuman yang mungkin menempel saat bermain.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/06/begini-caranya-agar-anak-suka-mandi.html

0 Response to "Begini Caranya Agar Anak Suka Mandi."