Pernah Mengalami Insomnia ? Inilah Penyebab Dan Cara Untuk Mengatasi Insomnia



Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat.

Insomnia merupakan kondisi seseorang yang kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan yang di butuhkan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh kurang fit untuk menjalankan kegiatan keesokan harinya.

Gejala Insomnia

Gejala gejala insomnia yang paling umum di antaranya :

-          Terbangun di malam hari atau dini hari
-          Susah untuk tidur
-          Merasa lelah dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik pada siang harinya.

Penyebab Insomnia

faktor gaya hidup dan kenyamanan ruangan kamar, hingga faktor kesehatan psikologi, kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan dapat menjadi penyebab orang susah untuk tidur dan pada akhirnya berujung pada insomnia.

Pengobatan

Dalam mengobati insomnia, hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jika insomnia didasari oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu, maka dokter akan menyarankan pasien untuk memperbaikinya.
Jika insomnia disebabkan oleh suatu masalah kesehatan, maka dokter akan terlebih dahulu mengatasi kondisi yang mendasari tersebut, dan tentunya dengan obat-obatan yang telah disesuaikan agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan insomnia.

Bahkan jika dirasa perlu, dokter dapat meresepkan obat tidur untuk beberapa waktu. Obat tidur merupakan solusi yang bersifat sementara saja. Menangani gejala insomnia tanpa mencari solusi untuk akar penyebabnya, jarang berhasil sepenuhnya.

Melakukan olahraga yang teratur juga dapat menjadi salah satu cara untuk menangani insomnia. Olahraga ringan pun juga bisa di lakukan untuk pencegahan insomnia, seperti jogging di pagi hari, berjalan kaki saat berangkat kerja atau pergi ke sekolah, dll.

Jika anda merasa terlalu sering insomnia pada diri anda, segeralah periksa ke dokter untuk menanganinya.


Sumber: http://www.wajibbaca.com/2015/12/pernah-mengalami-insomnia-inilah.html

0 Response to "Pernah Mengalami Insomnia ? Inilah Penyebab Dan Cara Untuk Mengatasi Insomnia"