Terkuak, Inilah Penyebab Anda Sering Alami Salah Ingat


Salah ketika mengingat-ingat sesuatu bukanlah sesuatu yang berbahaya, juga bukan berarti Anda termasuk orang pikun. Dilansir dari tempo.co, penelitian yang baru dirilis di Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan terkadang otak mengingat hal dengan konsep yang sama.

Banyaknya ingatan dengan konsep yang sama atau mirip, membuat otak salah mengingat sesuatu. Hal itu terjadi karena otak tak selalu mengutamakan hal yang sensasional.

Contohnya, sebuah percoban yang menunjukkan daftar kata yang terkait dengan musim dingin, seperti es, salju, angin, dan lain-lain. Dalam paradigma ini, meskipun kata ‘dingin’ tak ditunjukkan, orang akan langsung terbayang objek ini. Ini merupakan kejadian salah mengingat yang paling dasar.

“Kami menduga salah ingat terjadi karena kata ‘dingin’ punya konsep serupa dengan daftar kata musim dingin yang dilihat orang,” kata peneliti.

Meskipun kesamaan konsep ini dikenal dalam teori kognitif, tapi hubungannya dengan syaraf tak diteliti rinci.

BACA JUGA : Bikin Ngakak, Inilah 7 Penyakit Yang Pasti Ada Pada Cewek, Cowok Wajib Tahu!

Dengan menggunakan percobaan daftar kata dan Functional magnetic resonance imaging (fMRI), para peneliti mencoba melacak aktivitas otak. Peneliti membandingkan beberapa hasil pemindaian, mencari kemiripan dalam aktivitas syaraf saat orang memikirkan kata-kata dalam daftar.

Kemudian mereka menganalisa kemiripan antara keterkaitan pola ini dengan syaraf dan proses salah ingat di otak manusia.

Selama percobaan, peneliti menggunakan daftar kata yang berbeda. Hal ini memungkinkan peneliti membandingkan kesalahan yang berbeda saat otak mengingat.

Mereka menemukan pola yang sama dalam kesalahan yang berbeda. Tapi pola setiap orang dalam salah ingat ini berbeda.

Hal itu membuktikan bahwa setiap orang punya proses mengingat untuk setiap daftar kata. Karena setiap daftar kata punya karakter masing-masing.
Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/09/terkuak-inilah-penyebab-anda-sering.html

0 Response to "Terkuak, Inilah Penyebab Anda Sering Alami Salah Ingat"