Manfaat Karkadeh (Bunga Rosella) Bagi Kesehatan


Di timur tengah, bunga rosella di kenal dengan nama karkadeh. Jika kita ke mesir, bungan kering karkadeh ini banyak di temukan di kawasan wisata husain yang bersebelahan dengan kampus Universitas Al Azhar Kairo. 

Selain di mesir, di negara-negara Arab dan Afrika bunga kering yang siap saji ini juga banyak di temukan. Jamaah haji kita dapat menemukan karkadeh ketika mereka berada di negara Saudi. 


Bunga karkadeh yang sudah kering dan siap di  seduh untuk disajikan sebagai teh, banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Dalam bahasa latin, nama bunga tersebut adalah hibiscus sabdariffa lin. Di Indonesia belakangan bunga ini mulai di gemari dan menjadi alternatif minuman selain teh yang bisa di minum orang. 


Tanaman ini bermanfaat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang cukup membuat orang yang meminum teh karkadeh secara rutin akan akan terjaga staminanya. Selain vitamin, karkadeh juga mengandung kalsium yang berguna untuk mencegah tulang keropos, ditambah lagi kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. 

Setiap 100 gr rosella mangandung 260-280 mg Vitamin C, Vitamin D, B1 dan B2. Kandungan lainnya adalah Kalsium 486 mg, omega 3, magnesium, beta karotin serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine. Bunga karkadeh juga kaya akan serat yang berguna untuk kesehatan pencernaan. 

Selain dapat dijadikan sebagai minuman, karkadeh juga dapat dijadikan bahan selai untuk mendapatkan selai yang berwarna merah cerahnya. 

Di antara kasiat karkadeh lainnya adalah menetralkan racun (detoksifikasi), menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolestrol, menurunkan kadar gula, melindungi dari infeksi, menghambat tumbuhnya kanker, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menormalkan kadar asam urat, memperlancar peredaran darah, memperkuat pembuluh darah, menjaga dan meremajakan kulit, menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati serta mencegah pendarahan hebat bagi ibu hamil. 


Sumber: http://www.wajibbaca.com/2015/12/manfaat-karkadeh-bunga-rosella-bagi.html

0 Response to "Manfaat Karkadeh (Bunga Rosella) Bagi Kesehatan"